Beragam teknologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari

Beragam teknologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari

Dengan berjalannya waktu, telah banyak ditemukan berbagai jenis teknologi yang membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sudah banyak inovasi-inovasi yang saat ini ada di masyarakat. Itu dibuat semata-mata untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Keberadaan teknologi memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Kebanyakan orang saat ini mengandalkan teknologi. Pasalnya, kita membutuhkan teknologi setiap hari untuk menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Terlepas dari kerja dan sekolah, bahkan jual beli produk jasa pun sekarang sudah banyak yang memanfaatkan teknologi.

Macam-Macam Teknologi

Beragam teknologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  • Tekonlogi informasi

Salah satu teknologi yang ditemukan adalah teknologi informasi. Teknologi ini dapat membantu menerima dan berbagi informasi dengan cepat. Sehingga dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan manusia.

Menurut Wikipedia Teknologi Informasi (TI), atau dikenal dengan istilah Information technology (IT) merupakan istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

  • Tekonlogi komunikasi

Selanjutnya Teknologi komunikasi, yang digunakan untuk berkomunikasi dan mengirimkan informasi dengan cepat. Teknologi ini mengacu pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk komunikasi digital. Yang disebut perangkat keras seperti ponsel dan PC/komputer. Lalu layanan perangkat lunak seperti panggilan telepon, pesan, dan aplikasi email.

  • Tekonlogi transportasi

Teknologi transportasi merupakan teknologi yang diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Teknologi ini mampu mendukung pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh mesin ataupun manusia.
Salah satu bentuk dari dampak teknologi transportasi yaitu perbaikan yang dilakukan pada mesin pembakaran di mobil, pembaruan yang dilakukan pada pesawat terbang dll.

  • Teknologi Medis

Teknologi medis merupakan penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan alat medis yang meningkatkan kualitas hidup dengan menemukan solusi dan memecahkan masalah kesehatan umum atau memerangi penyakit serius. Dari kacamata dan perban hingga pemindai MRI, teknologi medis bertujuan untuk mengurangi kerumitan dalam pengobatan.

  • Teknologi Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, kehadiran teknologi membuat proses belajar mengajar antara siswa dan guru menjadi lebih efektif dan efisien. Metode pembelajaran juga dapat dikembangkan agar sesuai dengan gaya belajar masing-masing anak.

  • Teknologi Robotika

Teknologi robotika merupakan proses merancang dan membangun robot yang cerdas. Robot yang dibuat dari teknologi robotika dalam banyak kasus dimaksudkan untuk menggantikan atau mengurangi campur tangan manusia.
Contohnya yaitu RIBA (Robot for Interactive Body Assistance), merupakan robot seperti perawat yang diikembangkan oleh RIKEN.

  • Teknologi pertanian

Teknologi pertanian merupakan penggunaan ilmu pengetahuan yang dikembangkan untuk memudahkan kegiatan di bidang pertanian. Peralatan presisi, robot, drone, GPS, traktor semuanya adalah teknologi pertanian.
Contoh lain dari teknologi pertanian yaitu : mesin penyemprot air, mesin penebar pupuk, mesin tanam kentang dan lainnya.

  • Teknologi Olahraga

Teknologi olahraga merupakan studi dan penggunaan teknologi presisi modern dalam olahraga. Teknologi ini digunakan dengan maksud agar dengan bantuan ilmu pengetahuan modern, olahraga dapat dibawa ke tingkat berikutnya.
Contoh penerapan teknologi olahraga yaitu: Asisten wasit video (VAR), pencatatan waktu, Peralatan olahraga disabilitas, diagnosa cedera dan lainnya.

  • Teknologi Militer

Teknologi militer merupakan teknologi yang diciptakan untuk membuat senjata baru dan alat perang lainny. Pengembangan senjata, rudal tank, peralatan radar, jet tempur dan kapal induk adalah semua cabang teknologi militer.

  • Teknologi Hiburan

Teknologi hiburan merupakan pengembangan teknologi yang dibuat untuk meningkatkan atau menyediakan hiburan. Macam teknologi ini adalah salah satu yang paling umum. Setiap rumah tangga saat ini memiliki beberapa set TV dan sistem suara yang merupakan teknologi hiburan.

 

Sumber

“https://hot.liputan6.com/read/4656617/20-macam-teknologi-dalam-kehidupan-sehari-hari-ketahui-fungsinya”

Link partner :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Center: (021) 47884163

Sales Representative: 0812-8714-9720
Informasi Sertifikasi: 0881-5436-169
Email: training@netcampus.co.id

Jam Operasional Layanan

Senin - Jumat Pukul 09.00 - 16.00 WIB
Khusus Sabtu Pukul 09.00 - 12.00 WIB
Minggu dan Tanggal Merah Tutup

NetCampus Training Center

Jl. Sawo No.19 Rawamangun
Pulo Gadung, Jakarta Timur 13220
DKI Jakarta, Indonesia

NetCampus © 2023 – All Rights Reserved. PT NetSolution – Jakarta, Indonesia