Hal yang harus dihindari untuk programmer pemula

Hal yang harus dihindari untuk programmer pemula

Sebagai seorang ahli dibidang programmer pasti dulu awalnya juga seorang pemula. Untuk programmer pemula, wajar jika pernah melakukan kesalahan, namun terkadang juga tidak menyadari bahwa hal yang dilakukan tersebut salah. Nah, untuk seorang programmer pemula amat di sarankan untuk meghindari hal-hal berikut:

Belajar hanya terpaku pada tutorial

Biasanya seorang programmer pemula hanya terpaku atau mengandalkan tutorial di Google atau di Youtube. Akan tetapi jika hanya mengikuti tutorial saja, berpengaruh dalam sulitnya memahami logika, alur, dan kerangka kerja di balik proses pemrograman.

Bukan berarti tak boleh ya, tetapi ketika di kemudian hari akan membuat program lain dengan logika yang berbeda, pasti akan bingung dan kesulitan membuat program tersebut. kebingungan dalam hal seperti apakah kodenya berfungsi?, kenapa kodenya berfungsi?, mengapa kodenya berfungsi? . Jika Anda benar-benar ingin belajar, Anda perlu berpikir kritis dan mencari penjelasan, bukan hanya menonton tutorial.

Melewatkan belajar konsep-konsep dasar

Pemrograman merupakan kegiatan menggunakan bahasa pemrograman untuk menginstruksikan komputer melakukan tugas tertentu. Bahasa pemrograman merupakan seperangkat instruksi yang dipahami komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Beberapa programmer pemula biasanya tidak sabar dalam membuat kode dengan cepat, sehingga mereka mungkin melewatkan mempelajari konsep dasar yang penting. Faktanya, penting sekali untuk mempelajari konsep dasar untuk memahami dan menjadi akrab dengan kerangka bahasa pemrograman apa pun. Oleh karena itu, sebaiknya belajar secara bertahap agar proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan efektif.

Mempelajari banyak bahasa pemrograman sekaligus

Mempelajari beberapa bahasa pemrograman pada saat yang sama sangat banyak dan kontraproduktif karena setiap bahasa memiliki fokus, konsep, dan struktur sintaksis yang berbeda.

Sebelum mempelajari bahasa lain, ada baiknya mempelajari bahasa tersebut terlebih dahulu sampai benar-benar dikuasai. Ini akan memberi Anda dasar untuk memahami konsep dasar pemrograman dan kepercayaan diri untuk mulai mempelajari bahasa pemrograman baru.

Mudah menyerah

Beberapa programmer ketika belajar coding banyak yang menyerah di tengah jalan. Biasanya penyebabnya adalah kurangnya motivasi dan kesabaran serta ketekunan.

Belajar coding bukanlah tugas yang mudah, apalagi jika dilakukan sendiri. Solusi yang bisa dicoba yaitu bergabung dengan komunitas programmer. Di dalam komunitas tersebut Anda dapat berbagi, saling mendukung, mengajukan pertanyaan, dan belajar dari satu sama lain.

Sumber:

“https://ifabulacademy.com/5-kesalahan-programmer-pemula-yang-wajib-dihindari/”

Link partner :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Center: (021) 47884163

Sales Representative: 0812-8714-9720
Informasi Sertifikasi: 0881-5436-169
Email: training@netcampus.co.id

Jam Operasional Layanan

Senin - Jumat Pukul 09.00 - 16.00 WIB
Khusus Sabtu Pukul 09.00 - 12.00 WIB
Minggu dan Tanggal Merah Tutup

NetCampus Training Center

Jl. Sawo No.19 Rawamangun
Pulo Gadung, Jakarta Timur 13220
DKI Jakarta, Indonesia

NetCampus © 2023 – All Rights Reserved. PT NetSolution – Jakarta, Indonesia