Ciri-ciri Bisnismu Berjalan dengan Baik

Ciri-ciri Bisnismu Berjalan dengan Baik

Sudah lumrah hal diinginkan para pebisnis adalah ketika bisnis mereka berjalan dengan baik dan berhasil. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. Saat memilih bisnis atau memulai bisnis, ada banyak pertimbangan tentang bisnis mana yang harus dipilih. Contohnya Anda mau membuka usaha restoran, pasti ada hal-hal yang membuat Anda tertarik dan mau mendirikan usaha restoran tersebut. Mungkin menurut Anda usaha yang akan anda jalan kan ini akan berjalan dengan baik dan akan sukses.

Sebelum menentukan bisnis apa yang akan Anda jalankan sebaiknya adna fikirkan dengan pasti dan jangan lupa baca ciri-ciri dari sebuah bisnis yang berjalan baik di bawah:

  • Produk atau jasanya dibutuhkan banyak orang dan menguntungkan

Hal ini merupakan peran paling penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Untuk itu ketika Anda mau membangun sebuah bisnis, jangan hanya memikirkan modalnya saja, tetapi pikirkan lah bisnis apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

  • Bukan bisnis musiman

Bisnis musiman merupakan sebuah bisnis yang hanya dijalankan pada masa-masa tertentu saja, misalnya saat menjelang hari-hari besar. Seperti saat momen lebaran, tahun baru, natal, dll. Bisnis ini hanya akan ramai saat momen-momen tersebut jadi bisa di bilang sulit unuk mempertahankan profit.

  • Bertahan disituasi apapun

Semua perusahaan pasti tidak ada yang mau jika bisnisnya menurun bahkan sampai jadi bangkrut. Kita tidak ada yang tahu situasi apa yang akan terjadi kedepannya, untuk itu selalu tingkatkan dan selalu up to date agar tidak ketinggalan zaman.
Salah satu contoh yang sangat situasi yang sangat tidak terduga-duga hingga membuat bebrapa perusahaan padam yaitu adanya Covid-19. Adanya pandemi membuat banyak bisnis mengalami penurunan bahkan ada yang tidak bertahan. Beruntunglah, bisnis yang masih bisa bertahan dan bisa berjalan meski ditengah pandemi.

  • Tren permintaan yang tinggi

Selera konsumen menjadi faktor utama yang memengaruhi permintaan pada barang atau jasa. Sebuah bisnis harus terus berkembang mengikuti selera dari konsumen agar tetap berjalan dengan baik. Permintaan juga sangat dipengaruhi oleh hubungan yang terjalin antara pembeli dan penjual. contohnya jika harga produk atau jasa Anda naik, maka hal ini akan membuat permintaan terhadap produk atau jasa Anda akan menurun. Harga produk pun ikut mempengaruhi besarnya permintaan.

  • Sumber daya manusia kompeten

Sebuah perusahaan biasanya mencari atau orang yang kompeten dan berkualitas. Rekrutmen calon karyawan di masing-masing bidang akan melalui tahapan yang berbeda-beda. Pastinya akan melalui berbagai proses penilaian sebelum diterima sebagai karyawan.

  • Prosedur Kerja yang Jelas

Perusahaan yang baik harus ditata dengan baik dan mempekerjakan karyawan sesuai dengan departemen atau bidangnya masing-masing. Tugas, jam kerja dan hari libur juga harus diatur dalam kontrak kerja. Sekalipun nantinya seorang karyawan harus melakukan pekerjaan lain, pekerjaan utama tersebut tidak akan terganggu atau membuat stres bagi karyawan tersebut.

  • Lingkungan kerja yang aman

Merasa aman dan nyaman di tempat kerja adalah hal yang wajar, terlepas dari pembagian kerja. Dari mulai bergabung dengan perusahaan hingga bekerja sehari-hari sebagai karyawan perusahaan. Karyawan harus merasa dapat menjadi diri sendiri di tempat kerja dan tidak merasa cemas di tempat kerja atau takut untuk bekerja.

Sumber:

“http://varashcareer.id/2020/09/05/6-ciri-ciri-perusahaan-yang-baik-dan-sehat/”

Link partner :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Center: (021) 47884163

Sales Representative: 0812-8714-9720
Informasi Sertifikasi: 0881-5436-169
Email: training@netcampus.co.id

Jam Operasional Layanan

Senin - Jumat Pukul 09.00 - 16.00 WIB
Khusus Sabtu Pukul 09.00 - 12.00 WIB
Minggu dan Tanggal Merah Tutup

NetCampus Training Center

Jl. Sawo No.19 Rawamangun
Pulo Gadung, Jakarta Timur 13220
DKI Jakarta, Indonesia

NetCampus © 2023 – All Rights Reserved. PT NetSolution – Jakarta, Indonesia